Ide Bisnis Cara Membuka Klub Komputer

  • Bagikan
Ide Bisnis Cara Membuka Klub Komputer
Ilustrasi (2SER)

Ide Bisnis Cara Membuka Klub Komputer – Jika kamu sedang mencari ide untuk membuka bisnis, membuka klub komputer bisa menjadi pilihan seandainya kamu bisa memulainya dengan benar.

Kita pasti sudah menyadari bahwa internet sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Terlepas dari kenyataan bahwa hampir setiap rumah memiliki komputer atau laptop, dan internet pun dapat diakses melalui ponsel, tapi layanan klub komputer tetap saja akan semakin diminati.

Namun kamu juga pasti tahu bahwa membuka klub komputer membutuhkan modal awal yang relatif besar untuk mendapatkan peralatan berkualitas tinggi. Artinya peluang bisnis ini juga berbanding lurus dengan resikonya.

Makanya agar kamu bisa benar-benar bisa memanfaatkan peluang ide bisnis membuka klub komputer ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, sebagai berikut:

Pertama, rencana bisnis yang terperinci. Perencanaan yang detail sejak awal sangat kamu butuhkan untuk membantumu menghitung investasi awal.

Selain itu, perencaan ini tentunya bisa kamu gunakan untuk mendapatkan pinjaman yang menguntungkan dari bank.

Kedua, perizinan. Bidang usaha membuka klub komputer ini membutuhkan izin dan lisensi yang banyak. Oleh karena itu, sebelum memulai inventarisasi tempat dan dokumen, cari tahu semua nuansa undang-undang. 

Ketigainovasi. Komputer dan Internet secara bertahap memasuki setiap rumah. Artinya kamu harus memberikan layanan berkualitas dan inovatif yang tidak tersedia di rumah.

Apalagi adanya probabilitas munculnya klub pesaing terdekat dengan layanan yang lebih baik dan kepergian pelanggan tetap juga sangat mungkin terjadi. Jadi kamu juga wajib memikirkan secara matang sebuah konsep yang inovatif.

Keempat, antisipasi konflik. Ketika kamu membuka klub kompter tentu ada risiko terjadinya konflik antara pengunjung klub.

Makanya kamu juga harus menekankan kepada para karyawan untuk bertanggung jawab  memantau pelanggan untuk menghindari pelanggaran hukum dan kerusakan peralatan.

Kamu juga harus selalu ingat bahwa ada norma hukum yang ketat mengenai anak di bawah umur tinggal di lembaga-lembaga tersebut.

Nah jika kamu sudah menyiapkan hal-hal di atas, kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya, yakni mengetahui langkah dan cara membuka klub komputer sebagaimana berikut:

Petunjuk langkah demi langkah tentang cara membuka klub komputer

  • Lokasi

Pertama-tama, carilah tempat di dekat universitas dan sekolah. Orang-orang muda merupakan mayoritas klien dari perusahaan semacam itu. Siswa dan anak sekolah terus-menerus perlu mencari di Internet, mencetak atau menyalin pekerjaan pendidikan. 

Di waktu luang mereka, anak muda akan mengunjungi klub komputermu untuk bersosialisasi dengan teman dan bersenang-senang. Lokasi kawasan bisnis dapat masuk akal bila tidak ada pesaing. Jika ada hotel besar di kota Anda yang tidak memiliki ruang konferensi dan klub komputer, kamu dapat membukanya di dekat salah satunya.

Penempatan di tengah tidak memainkan peran penting. Faktor penentu adalah ketersediaan tempat, lokasi di jalan dengan lalu lintas tinggi dan dekat halte angkutan umum. Poin kunci dalam memilih ruang untuk klub komputer adalah akses ke Internet berkecepatan tinggi dan andal. 

Cari tahu provider mana serta tingkat layanannya yang beroperasi di area yang kamu pilih. Untuk kota besar, memilih provider bukanlah masalah besar. Di kota-kota kecil, pilihan tempat mungkin sepenuhnya bergantung pada ketersediaan kemampuan untuk terhubung ke Internet dan menyediakan komunikasi berkualitas tinggi kepada pelanggan.

  • Persyaratan tertentu diajukan langsung ke tempat:
  • Kabel listrik berkualitas tinggi dan andal.
  • Perhatikan tingkat kelembapannya. Teknologi komputer sangat sensitif terhadap kelembaban tinggi.
  • Untuk mendapatkan izin klub dari dinas pemadam kebakaran, tempat harus sesuai dengan standar modern. Cari tahu sebelumnya.
  • Penting untuk memiliki sistem kontrol iklim, pintu keluar darurat, unit sanitasi.

Pilihan untuk menyewa atau membeli kamar hanya bergantung pada kemampuan finansial Anda. Namun pilihan untuk akuisisi tentu akan mengurangi biaya operasional di masa depan, apalagi jika Anda memulai sebelum akhir tahun ini karena sekarang Beli Rumah Bebas Pajak Diperpanjang Hingga Akhir 2021.

Hal ini juga bisa membuat kamu terhindar dari kebutuhan untuk meninggalkan tempat yang baik dengan pelanggan tetap setelah berakhirnya masa sewa dan penolakan pemilik untuk memperbaruinya.

  • Peralatan

Ini adalah bagian paling penting dan mahal dalam mengorganisir klub komputer. Dilarang keras menghemat kualitas dan kuantitas. Untuk mendapatkan keuntungan nyata, disarankan untuk membeli setidaknya 10 mobil.

Kecepatan standar 256 Kbps tidak akan memenuhi tuntutan klien yang serius. Instalasi peralatan modern yang kompeten juga akan membantu memastikan keandalan komunikasi: beberapa jalur khusus, hub berkinerja tinggi, server proxy.

Demikian artikel ide bisnis cara membuka Klub Komputer semoga bermanfaat. Untuk ulasan dan info menarik lainnya mengenai warnet, silakan kunjungi Skaternet3d (Adv)

  • Bagikan